Smanik MAHSIP
(Menyenangkan,Aktif,
Harmonis,Solid,Inovatif,Progresif).

Jumat, 25 September 2015

Laporan Qurban: Arti Sebuah Pengorbanan

Arti Sebuah Pengorbanan

Budaya Nabi Ismail masih terasa di kalangan muslim, bahkan budaya tersebut juga merambah ke dunia pendidikan untuk mengingatkan betapa pentingnya sebuah pengorbanan. Kamis, 24 September 2015, terdengar jeritan yang menggores di hati.  Goresan golok tajam terus menghunus ke leher, darah yang keluar tak henti-hentinya mengalir, dan terus mengalir sampai titik darah penghabisan.
 
Dalam rangka memperingati hari besar umat Islam yaitu hari raya Idul Adha dan agenda tahunan MT-OSIS. SMA N 1 Kendal, melaksanakan progam penyembelihan kurban Idul Adha. Penyembelihan program dilaksanakan di taman SMA N 1 Kendal.

Kegiatan tersebut diawali dengan Sholat IED terlebih dahulu yang dilaksanakan di Masjid At-Taqwa SMA N 1 Kendal. Yang menjadi imam dan khotib dalam Sholat IED tersebut adalah Kyai Musthofa. Dalam khotbah yang dia sampaikan membahas mengenai sajarah Nabi Ismail. Serangakaian Sholat IED sekiranya dimulai pukul 06.30 WIB sampai 07.00 WIB.

Kembali ke kurban. Di hari yang mulia ini satu ekor sapi hasil iuran kurban siswa SMA N 1 Kendal dikurbankan. Setelah disembelih sapi yang beratnya sekitar 1,5 ton segera dikuliti dan dipotong-potong. Para panitia dan dewan guru yang terlibat berbondong-bondong mengangkuti potongan-potongan kurban ke bagian yang bertugas memotong daging kurban menjadi bagian yang lebih kecil. Kurban yang telah dipotong-potong kemudian dipilah-pilah dan ditimbang, setelah itu kurban dibagikan ke penduduk di sekitar SMA N 1 Kendal dan ke daerah-daerah lainnya yang banyak terdapat penduduk yang lebih membutuhkan.

Antusias tim panitia Idul Adha MT OSIS, dewan guru, dan seluruh siswa SMA N 1 Kendal, serta warga-warga sekitar begitu ramai menyambut hari Idul Adha. Dari sini kita melihat semangat kekompakan dan kekeluargaan dalam memeringati hari Idul Adha yang milia ini. Semoga di hari yang mulia ini, umat Islam semakin mengerti arti sebuah kehidupan dan pengorbanan.
  

 Admin,
Mercusuar

0 komentar:

Posting Komentar